Dampak Internet Terhadap Prestasi Belajar


KATA PENGANTAR
Assalamualakum Wr Wb
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah tuhan yang maha esa, berkat
limpah karunianya kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan
baik.
Karya ilmiah ini kami buat dan kami rancang sebagai intropeksi kepada
siswa MAN pandeglang agar mampu menggunakan internet secara baik dan
benar supaya tidak terjerumus pada pornografi maupun pornoaksi.
Kami ucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada para pembaca
yang telah sudi membaca karya ilmiah kami yang masih jauh dari
sempurna,semoga dapat bermanfaat.
Akhir kata tiada gading yang tak retak,demi kesempurnaan dan perbaikan
karya ilmiah ini, kami minta kerja sama pembaca untuk memberikan
kritik dan saran yang membangun.
Wassalamualaikum Wr Wb

DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Rumusan Masalah
C.Tujuan
D.Metode Penelitian
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian Internet
B.Sejarah Internet
C.Internet Masuk Sekolah
D.Tujuan Internet Masuk Sekolah
E.Fasilitas Internet Yang Ada Di MAN Pandeglang
F.Penggunaan Internet Yang Ada Di MAN Pandeglang
G.Dampak Positif Dan Negatif Internet Masuk Sekolah
H.Cara Sekolah menanggulangi Siswa Agar Tidak Terkoneksi Pada Situs-situs Porno
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Saran

BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pada masa sekarang , internet hampir di gunakan di seluruh pelosok
dunia, instansi pemerintah,perusahaan,perbankkan dan sekolah. Hal
tersebut memang tidak dapat kita kita  ingkari lagi, kenyataannyapun
dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari,sehingga pemerintah
merencanakan program internet masuk sekolah.
Internet adalah “Alat bantu”bukan”Bukan solusi pendidikan”(tingkat
sekolah)internet tanpa bahasa inggris sebagai sumber informasi yang
sangat terbatas,bahan pelajaran dalam bahasa indonesia juga sangat
sedikit kelihatannya.Kurikulum kita juga tidak berbasis
penelitian,pendidikan yang bermutu ialah pendidikan berbasis guru yang
mampu dan sejahtera,di sekolah yang bermutu dengan kurikulum yang
sesuai dengan kebutuhan siswa siswi dan”well balanced”(seimbang

Dengan banyak macam keterampilan termasuk teknologi)

B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan
sebagai tersebut:
1.Untuk apa internet masuk sekolah?
2.Benarkah internet di gunakan sebagai sumber pembelajaran?
3.Benarkah pada umumnya internet masih hanya di anggap sebagai sumber
informasi dan kebanyakan siswa-siswi hanya menggunakan internet
sebagai sistem komunikasi(e-mail,dll),bukan sumber pembelajaran?
4.Bagaimana mengatasi siswa menggunakan internet yang tidak baik?
C.Tujuan
Sesuai dengan permasalahan di atas,tujuan yang di capai dalam
penelitian ini adalah:
1.Untuk mengetahui penggunaan internet. di MAN Pandeglang
2.Untuk mengetahui respon para siswa terhadap internet.
3.Untuk mengetahui dampak internet masuk sekolah.
4.Untuk mengetahui manfaat internet di sekolah.

D.Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode wawancara,observasi dan perpustkaan.

 

BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang luas dan besar
yang mendunia,yaitu menghubungkan pemakai komputer dari satu negara
kenegara lain di seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya imformasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
B.Sejarah Internet
Sejarah internet di mulai pada tahun 1969 ketika defartemen pertahanan
Amerika U.S Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan
organik,riset ini di kenal dengan nama ARFANET.Pada 1970 sudah lebih
10 komputer yang berhasil di hubungkan satu sama lain sehingga mereka
bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976,ketika ratu
inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signal And Radar
Establishment di Maivern.Setahun kemudian,sudah lebih  100 komputer
yang bergabung di ARFANET menbentuk sebuah jaringan atau network.
C.Internet Masuk Sekolah
perkembangan teknologi informasi dan pemanpaatan internet di berbagi
bidang sangat pesat.Di dunia internet juga ada dunia gelap dan cyber
crime yaitu pornografi,cracking activities,carding dan software
piracy.Pornografi bisa di cegah dengan tiga cara,yaitu hukum,teknologi
dan socio culture.
Bagaimanapun juga internet masuk sekolah adalah program yang harus di
dukung oleh seluruh komponen bangsa,karena internet memiliki manfaat
yang besar pembentukan SDM generasi muda,adanya kesalahan pandang
bahwa internet masuk sekolah hanya membawa pengertian berikut,internet
sama dengan alat lihat gambar,video porno,internet sama dengan tempat
siswa mencari berbagai informasi secara bebas tanpa kontrol dan
internet sama dengan menggantikan peran guru secara keseluruhan harus
di luruskan,internet masuk sekolah seharusnya membawa pengertian yang

baik.

D.Tujuan  Internet Masuk Sekolah
Internet masuk sekolah merupakan  program yang harus  di dukung oleh
seluruh komponen bangsa,karena mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.Mengembangkan  jaringan sistem informasi sekolah,antara lain:
a.NUPTK (Nomor urut pendidikan tenaga kependidikan)
b.NISN (Nomor induk sekolah nasional)
c.NPSN (Nomor pokok sekolah nasional)
2.Sarana pendidikan mata pelajaran TIK
3.Sarana komunikasi antar sekolah
4.Membuka mata dan wawasan kedunia luas

5.Membentuk generasi yang kreatif,produktif,dan mandiri
6.Sumber ilmu pengetahuan tanpa batas.
E.Pasilitas koneksi internet yang ada di MAN Pandeglang
Pasilitas koneksi yang ada di Lab komputer MAN Pandeglang yaitu 2
HUP,20 Personal computer dan satu komputer sebagai server.Setiap HUP
mempunya 16 konektor,berarti 2 HUP bisa menghubung
32 komputer yang
dapat terkoneksi internet,sisanya di share ke perpustakaan satu,ruang
guru dua,ruang BP satu dan ruan elektro satu.
Jaringan internet ini di berikan pemerintah secara gratis,MAN
Pandeglang hanya membayar listriknya saja.
F.Penggunaan Internet Di Kalangan Siswa MAN Pandeglang
Internet membawa begitu banyak kemudahan kepada penggunanya termasuk
pelajar,namun juga dapat memusingkan orang tua dan guru.
Guru juga perlu mementingkan dua hal,yaitu mengenai keselamatan murid
dan tahap prestasi  mereka,dapatkah pihak sekolah melindungi atau
melarang muridnya untuk tidak menggunakan internet agar tidak
berpengaruh dampak negatif dari internet,sedangkan pada waktu yang
sama sekolah tidak dapat mengekang hak pelajar untuk mendapatkan
pengalaman-pengalaman yang berunsur pendidikan dari internet.
Pada umumnya pengguna internet di MAN masih hanya di anggap sebagai
sumber informasi dan kebanyakan siswa-siswi hanya menggunakao internet
sebagai sistem komunikasi seperti e-mail,chating dll,bukan sumber
pembelajaran.

G.Dampak Positif Dan Negatif Internet Di MAN Pandeglang
1.Dampak Positif Internet masuk sekolah antara lain sebagai berikut:
a.Mempermudah siswa mencari sumber pembelajaran
b.Mengembangkan keterampilan
c.Membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan
d.Bisa berkomunikasi dengan teman yang bukan siswa MAN Pandeglang
2.Dampak negatif internet terhadap siswa MAN Pandeglang antara lain:
a.Siswa jika kurang kontrol dari guru,biasanya membuka situs-situs pornografi
b.Aneka macam materi yang berpengaruh negatifpun bertebaran di
internet,misalnya pornografi,kebencian,kejahatan,kekerasan dan
sejenisnya
c.Berita yang bersifat pelecehan seksualpun mudah oleh siswaBAB III PENUTUP
A.Kesimpulan
Berdasarkan wawancara dan observasi yang kami lakukan,di peroleh
kesimpulan sebagai berikut:
1.Internet adalah jaringan komputer yang luas dan besar yang
mendunia,yakni menghubungkan pemakai komputer dari satu negara ke
negara lain di seluruh dunia
2.Pada umumnya siswa MAN Pandeglang masih menggunakan internet sebagai
sistem komunikasi,seperti chating,e-mail dan lain-lain
3.Internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan
ilmu pengetahuan
4.Agar siswa tidak terhubung pada situs-situs porno,Diknas Pandeglang
memasang piranti lunak penyaringan kata kunci pada situs pornografi

B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian di atas,peneliti menyarankan:
1.Sebaiknya pihak sekolah membuat peraturan untuk siswa supaya tidak
membuka situs pornografi
2.Hendaknya siswa menggunakan teknologi informasi sebagai sumber
pembelajaran dengan memperhatikan etika
3.Para siswa dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan introveksi diri
4.Para peneliti dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai kajian awal
untuk melakukan penelitian lebih lanjut
d.Kecanduan internet bagi siswa yang tidak bisa mengontrol dirinya

H.Cara Sekolah Menanggulangi Siswa Agar Jangan Terkoneksi Pada Situs porno
Sebenarnya situs porno yang menyebar di dunia maya ternyata menjadi
ancaman serius bagi pendidikan,bahkan sekolah yang menjadi tempat
siswa mempelajari dan mempraktekan internet tak bisa menangkal situs
amoral tersebut
oleh karena itu,defkomimfo,merencanakan akan meluncurkan piranti lunak
gratis yang bisa memfilter atau memblokir situs pornografi,piranti
lunak ini belum di ketahui secara jelas sistem kerjanya,apakah
menggunakan sistem blokir nama domain atau pemblokiran filter kata
kunci?
Karena pemblokiran nama domain situs pornografi tidak mudah,biasa
pemerintah memasang piranti untuk memfilter supaya situs yang berbau
pornografi tidak terakses oleh siswa melalui Diknas,sistem kerjanya
yaitu pemblokiran filter kata kunci,sehingga setiap sekolah yang
mendapat akses internet dari Diknas tidak terkoneksi ke situs yang
merusak moral itu.

~ oleh roufnet pada Juni 12, 2008.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: