DISK OPERATING SYSTEM


Assalamualaikum….
DISK OPERATING SYSTEM ( DOS )

Perangkat – perangkat Hardware yang telah tersusun dengan baik bahkan dapat menampilkan Program BIOS tidaklah dapat di katakan sebgai sebuah komputer karena Hardware – Hardware tadi masih belum memiliki fungsi dan gunan sebagai alat pengolah data menjadi Informasi. Agar Hardware – Hardware ini memili fungsi dan guna sebagai pengolah data menjadi Informasi maka perlu di masukan sebuah Program. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
Software atau Program yang ada pada komputer di bedakan menjadi tiga jenis, di antaranya adalah :
• Software Operating System adalah sebuah Perogram yang dibuat dan dirancang untuk mengsinergikan atau mengaktifkan Hardware – Hardware yang ada pada komputer agar memiliki fungsi dan guna sebagai alat pengolah data menjadi Informasi, selain itu software operating system juga dilengkapi dengan setandar Program Aplikasi yang dapat di tambahkan pada Komputer. Jenis – jenis software Operating system sangat banyak di antaranya ada Windows, Linuk, Micintos dan banyak lagi. Tetapi pada dasarnya Operating System di bedakan menjadi 2, Operating system berbasis Text dan Operating system berbasis GUI ( Graphical User Interface ).
• Software Driver adalah sebuah Program yang dibuat untuk menjalankan atau mengaktifkan sebuah Hardware agar dapat berhubungan dengan Hardware – Hardwae yang lain, bisanya software driver ini sudah ada pada software Operating System tetapi bila tidak terdapat pada Oprating System maka User atau pengguna perlu memasukan Software driver agar Hardware dapat di gunakan.
• Software Program Aplikasi adalah sebuah Software yang di buat dan dirancang untuk menambahkan kekurang – kekurangan yang ada pada Operating System, bisanya Program Aplikasi yang di tambahkan ini adalah Program – Program yang user butuhkan.
Peroses memasukan Program kedalam Hardware komputer, dinamakan proses Penginstalan di mana sebuah Program di masukan melalui Hadware Input Device dan di tampung di memory baik memory Internal maupun memory ekternal.
Pada pembahasan kali ini kita akan coba membahas tentang DOS ( Disk Operating System ) DOS merupakan sebuah OS ( Operating System ) yang paling sederhana karena fungsi dan kegunaan DOS hanya untuk membuka atau membuat komponen – komponen hardwara dapat di gunakan. Selebihnya DOS membutuhkan dukungan perogram aplikasi – aplikasi lain. Ketika pertama kali DOS dijalankan Operating System ini akan menampilakan A from ( A:\> ) setelah memunculkan A From. Maka fungis dari DOS tergantung dari seberapa banyak Program Aplikasi yang ada di dalamnya. Pada BAB ini kita tidak akan membahas panjang lebar tentang DOS karena pengenalan DOS pada kesempatan ini hanya untuk melakukan Format pada Hardisk untuk persiapan PengInstalan OS Windows 98 Professional. Adapun perintah – Perintah yang akan di bahas pada DOS ini di antaranya adalah CD, DIR dan FORMAT untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu persatu.
CD
Perintah CD digunakan untuk memilih atau mengeksekusi Folder mana yang akan di buka
DIR
Perintah DIR digunakan untuk melihat isi data yang ada pada sebuah Folder dan From atau Drave.
Format
Perintah Format digunakan untuk menghapus isi data yang ada pada sebuah Drave atau From.

Wassalam…

~ oleh roufnet pada Januari 5, 2009.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: